Bahasa Banjar Sunda Yang Lucu Lucu

Indonesia memang negeri yang sangat beragam sekali, mulai dari budaya, adat istiadat, sampai bahasa, bahkan tidak hanya itu di indonesia ini banyak sekali tempat wisata yang asik.
Untuk itulah kali ini saya ingin sedikit mengulas suatu kebiasaan berbicara dalam 3 bahasa, yaitu sunda, indonesia dan bahasa banjar. Semua bahasanya mungkin bahasa pergaulan karena kita tahu jika bahasa daerah itu ada yang bahasa halus ada yang bahasa kasar. Untuk itulah berikut beberapa yang menurut saya sangat lucu atau janggal sekali jika di sebutkan dalam bahasa lawannya. Maksudnya jika dalam bahada sunda artinya bagus tapi jika di sebutkan dalam bahasa banjar artinya jadi jorok atau sebaliknya. Bahasa indonesia disini berpungsi sebagai penengah.




Berikut kamus kecil zodized.in

Bujur

Dalam bahasa sunda maksudnya adalah pantat
Dalam bahasa banjar maksudnya adalah benar, betul.

Butuh

Dalam bahasa sunda maksudnya ya perlu
Namun dalam bahasa Banjar butuh artinya kemaluan laki - laki.


Burit

Dalam bahasa sunda biasanya mengatakan burit itu untuk waktu yang sudah sore kalo bulan puasa biasanya kita ngajak ngububurit. Menunggu waktu biar sore.
Namun dalam bahasa banjar maksudnya adalah pantat.
Sangat unik sekali kan.


Lakasi

Mungkin serapan dari bahasa lekas, maksudnya adalah cepatin ( bahasa gaul). Kata LAKASI memang kata - katanya tidak ada dalam bahasa sunda.
Kalo dalam bahasa sunda untuk maksud yang sama mungkin ganjangan dan dalam bahasa indonesia cepetan.

Maok

Nah satu ini juga memiliki arti berbeda dalam bahasa sunda dan bahasa banjar.
Dalam hasa banjar maok berarti tidak mau sepertinya kasar bahasa penolakan. Soalnya yang bilang kata MAOK suka sambil marah. :D
Maok dalam bahasa sunda berati mencuri. Waw jauh sekali ya artinya.


Nyawa

Nyawa dalam bahasa banjar cukup kasar maksudnya adalah "KAMU!" dalam bahasa indonesia kalau bahasa sunda Sia. hehehe
Sedangkan jika kita menggunakan kata nyawa dalam kosa kata sunda artinya ya ruh.
Kata lain yang senada yang artinya kamu adalah ikam untuk sesama kawan maneh dalam bahasa sunda

Bulik

Bulik dalam bahasa indonesia berarti pulang. Nah ini berdeketan dengan bahasa sunda ya balik maksudnya sama juga pulang.

Ulun

Ulun dalam bahasa indonesia maksdunya adalah saya, aku.
Kalo dalah bahasa sunda abdi
Kata Ulun mirip sekali dengan kata ulin dalam bahasa sunda yang artinya sangat jauh sekali ulin berarti main dalam bahasa indonesia.

Ulin

Ulin di banjar brarti nama sejenis kayu. Dan merupakan kayu yang paling kuat. Banyak di gunakan untuk konstruki jembatan.
Dalam bahasa sunda Ulin brarti bermain. Jauh sekali ya artinya.

Nah itulah beberpa kosah kata dalam kamus sunda banjar indonesia di zodized.in.

Sedikit mengenang.....


                       Iklan dulu  Peringatan Penting Bagi Pengendara Sepeda Motor


Dulu pada awal datang ke kalimantan jelas sekali saya berinterkasi dengan masyarakat yang ada, berbagai bahasa bercampur. Untung ada bahasa pemersatu yaitu bahasa indonesia.

Dulu saya kaget sekali kenapa orang di ajak ngobrol bilangnya bujur terus.

Saya :"Jadi pak alatnya harus saya simpan di lemarikan?"
Bapaknya : " Bujur banar"
Saya : ????????? hahahahaha

Saya : "Mba lima ratuskan harganya"
Mbanya : " Bujur nang ai"
Saya :??????? hhaahhaha

Saya : "Betul ga pak jawabannya"
Bapaknya :" Bujur,..Bujur..Bujur... 100"...
Saya : Ko semua pada bujur emang di bujurku ada apa gitu ya.

Ha.,..ha..ha..ha...ha.....

Emang pas awal - awal itu aneh bin lucu.....

Setelah lama berselang rada tau ada kisah lagi......

Saya bersama sesama sunda : " Cup hayu ah ngabuburit."
Ibu kosan :'??????' burit?
"mau ngapain kalian ngajak burit - burit."
Saya : hahahhahaha
Bu maksudnya bukan burit pantat tapi maksudnya adalah ngajak main biar cepet sore. :D

Sekian kisah berbahasa yang unik dan lucu....



31 comments for "Bahasa Banjar Sunda Yang Lucu Lucu"

  1. hahaa.. unik ya. bujur, butuh.

    ReplyDelete
  2. saya malah ketawa liat man aduls....jadi siapa yang lebih lucu, coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo begitu saya kalo melucu cukup nempel foto aja ya mang. hehe

      Delete
  3. banjar mana ini mang? banjar yg mau ke pantai pangandaran itu tea apa bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mas ini banjar yang deket banjarmasin kalsel mas. ia juga ya sama namanya ya. banjaran ya. mungkin ada sejarahnya nih kenpa namanya sama

      Delete
    2. doh kirain banjar yg di jawa barat mang heheh
      eh saya baru tau disana pake bahasa sunda juga

      Delete
    3. ia kang kalo saya sama orang sunda enaknya pake bahasa sunda. kagok kalo pake bahasa lain

      Delete
  4. wah lucu2 juga ya...hehe...Allah memang maha kuasa ya menciptakan bahasa yg demikian uniknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas itulah kenikmatan beraneka ragam di indonesia yang harus di syukuri

      Delete
    2. kalau yang belum tahu mungkin kedengarannya lucu ya mas bahasa sunda itu, hemmm

      Delete
    3. kalo mas bahasa jawa sih mas. heheheh

      Delete
    4. cuman saya belum paham apa yang di sarankan mas purnama waktu itu

      Delete
  5. whahaha ulun urang banjar mang ae :P . baru tau bujur itu pantat kalau dalam bahasa sunda .

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ia am ada urang banjar. kalo salah benerin ya. ia mas dalam bahasa sunda itu artinya. makanya dulu saya suka kebingungan pas awal ke kalimantan selatan

      Delete
  6. Hahahaha serius bikin ngakak mangs, wkwkwkwkw,,, yap bujur, eh betul hehehehehehehe siiip nih mangs... :)

    ReplyDelete
  7. wah kebetulan sekali nih mas aduls saya gak ngerti bahasa sunda, bisa belajar dikit-dikit disini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas bisa kana ada bahasa indonesianya nih.

      Delete
  8. lama nih mas saya gak mampir kesini, gimana kabar nih mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah baik mas. mas purmnama bagaimana mas.

      Delete
  9. saya pernah di kalimantan emang gitu ngemengnya

    ReplyDelete
  10. BURIT juga sama dengan bahasa suku OGAN BATURAJA SUMSEL (suku saya) mang yang artinya PANTAT :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah brarti sama juga ya mas. ada teman kalo begitu

      Delete
  11. Hahah jadi unik kalau orang sunda sama banjar ketemu dong mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas kalo bertemu kosa kata yang seperti ini jadi pada senyum

      Delete
  12. kalo gak hati2 bisa salah paham yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas. Makanya mungkin setiap daerah juga seperti itu. yang terpenting utamakan berprasangka baik karena ternyata maksudnya baik - baik juga. hehehe

      Delete
  13. Hahaha saya ngalamin sendiri banyak kosakata yg lucu" saya liburan setahun 2x ke kalteng+kaltim ini aja baru pulang. Ulun ni bujuran urang sunda gin, tapi ulun dikit" bisa bapandir banjar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantaps kalo begitu kang. sok lah bahasa paling banyak kayanya di indonesia

      Delete

Silahkan berkomentar